Polres Jember Dorong Penguatan Ketahanan Pangan Masa Pandemi Lewat Pelatihan Budi Daya Ikan


Jembrr - Dampak Pandemi COVID-19 yang berlangsung lebih setahun,bukan hanya berdampak bagi kesehatan, tetapi juga berdampak pada hampir seluruh sektor dalam sistem kehidupan masyarakat. Salah satu sektor strategis yang paling terdampak adalah ketahanan pangan yang berperan penting bagi kehidupan masyarakat. 

Bagi Kepolisian Resort Jember, kondisi tersebut perlu dicarikan solusinya  untuk membantu masyarakat bisa bertahan hidup dimasa pandemi. Salah satu solusi yang dipilih adalah mendorong peran aktif Bhabinkamtibmas sebagai pilar penyangga pembinaan warga desa binaan dalam upaya penguatan ketahanan pangan. 

Salah satu komoditas yang direkomendasikan pada sektor ketahanan pangan adalah, pembinaan dan pendampingan wirausaha budidaya ikan bagi warga desa binaan. 

" Untuk itu melalui pelatihan budidaya ikan diharapkan bisa menjadi energi baru agar personil Bhabinkamtibmas lebih produktif dalam membuka peluang ketrampilan wirausaha", tutur Kabagsumda Kompol. Sudjatmiarto, SH saat menyampaikan sambutan pada Acara Pelatihan Dan Pembekalan Budidaya Ikan Tawar. Kamis (17/06)

" Ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini nantinya juga  dapat digunakan untuk membantu warga mendapatkan solusi keluar dari dampak ekonomi di masa pandemi", Imbuhnya. 

Acara yang digelar di Aula Hotel GGM Jember  dihadiri sejumlah Bhabinkamtibmas dan Kapolsek di wilayah Kecamatan Gumukmas, Kencong, Puger, dan dan Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. 

Dikonfirmasi terpisah, menurut Nara Sumber Pelatihan Arif Sugianto paduan teknologi bioflok yang dikenal memiliki banyak keuntungan dan ramah lingkungan, budi daya ikan tawar dijamin bisa lebih baik menghasilkan produksi dari sisi kualitas dan kuantitas. 

Budidaya ikan tawar dengan bioflok, juga akan menjadi sumber pendapatan baru bagi wirausaha masyarakat karena akan menghasilkan produksi yang cepat dan banyak, namun dengan harga yang terjangkau.  “Dan merupakan salah satu sumber ketahanan pangan bagi masyarakat Jember,”ungkapnya. 

" Selain materi budidaya air tawar, peserta pelatihan juga kami ajarkan tentang praktik pengisian kolam bioflok dan penggunaan mesin aerator", jelasnya. (*).                    

(Humas Polres Jember)

Belum ada Komentar untuk "Polres Jember Dorong Penguatan Ketahanan Pangan Masa Pandemi Lewat Pelatihan Budi Daya Ikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel