Manfaat Penghulu Harus Dirasakan Umat




Lebih Bermanfaat :  Muhammad, Kepala Kemenag Jember mengingatkan penghulu manfaat penghulu harus bisa dirasakan oleh seluruh umat.


Jember - www.lacakjatim.click Revitalisasi KUA dan penguatan literasi penghulu terus terus dilakukan oleh Kementrian Agama (Kemenag), karena selama ini orang awam  mengenal tugas penghulu sebatas urusan perkawinan.

Ada tugas lain tak kalah penting seperti membentuk kampung binaan di setiap kecamatan, agar manfaat penghulu busa lebih dirasakan oleh umat.

Muhammad, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember mengatakan, penghulu tidak lagi cuma duduk di belakang meja. 

Termasuk bisa mengambil peran meningkatkan kesejahteraan warga dan itulah alasan dari pendirian kampung binaan di kecamatan.

“Penghulu itu harus memiliki kontribusi terhadap orang lain  karena itu diharapkan lebih sering turun ke lapangan, bukan cuma menunggu kedatangan orang untuk dinikahkan atau diminta untuk membacakan doa."kata Muhammad.

Muhammad menambahkan, penghulu itu memiliki tugas rangkap sebagai kepala KUA, setiap KUA memiliki tenaga penyuluh, karena itu kedepan tanggung jawab penghulu cukup berat.

Terpisah, Isnan HM, penghulu dan Kepala KUA Sumbersari mengungkapkan, di Kabupaten Jember terdapat 40 orang penghulu tergabung di Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) dan organisasi tersebut terbentuk bulan Maret lalu.Dari jumlah tersebut, 9 penghulu murni dan 31 penghulu menjabat sebagai kepala KUA.

“Untuk Kecamatan Sumbersari sendiri kini telah memiliki kampung binaan berupa  pendirian mother school atau sekolah ibu-ibu di Lingkungan Sadengan, Kelurahan Kebonsari, disitu KUA hadir memberikan penyuluhan bagaimana membentuk keluarga sakinah dan mengajarkan memasak kepada ibu-ibu (cooking class),"kata Isnan.

Ketua APRI Kabupaten Jember itu memaparkan, melalui kelas memasak  tersebut diharapkan bisa menambah penghasilan keluarga karena ibu-ibu bisa membuka usaha kuliner di rumah.(*).


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Penghulu Harus Dirasakan Umat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel