Lapas Klas IIA Jember Kembali Melepas 26 Warga Binaan



Jember, Lacak Jatim.

Perhatian Pemerintah Kabupaten  Jember benar-benar dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa membedakan status sosial masyarakat. Sehingga Kabupaten Jember merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Jawa Timur yang pemerintahnya menaruh perhatian kepada narapidana yang bebas karena program asimilasi dari pemerintah pusat.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, Yandi Suyandi, ketika bersama Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, saat melepas kepulangan 26 mantan narapidana dari Lapas, Senin, (13/04/2020).

“Ini menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang memperhatikan mantan narapidana," kata Yandi Suyandi kepada wartawan.

Belum diketahui pasti jumlah keseluruhan warga binaan yang akan menyusul bebas dalam program pemeritah pusat tersebut. Namun, Yandi mengatakan, ada perhitungan terus terhadap masa hukuman warga binaan sesuai dengan Permenkumham.

Lapas Klas IIA Jember hari ini melepas kembali
26 mantan warga binaan hasil seleksi yang telah menjalani separoh atau dua pertiga masa hukuman yang dijatuhkan pada mereka. Para mantan warga binaan yang dibebaskan itu mendapat  bantuan berupa     sembako dan uang saku, yang diberikan secara langsung oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., maupun Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Muqit Arief.

Bahkan kepulangan para mantan napi  mendapatkan fasilitas angkutan secara gratis,  menggunakan bus milik Pemkab Jember dan diantar sampai alamat masing-masing.

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, memberikan pesan kepada para mantan warga binaan, agar dapat merubah perbuatan yang pernah dilakukan sehingga menerima sanksi hukum atas perbuatannya itu. Buka lembaran baru dengan perbuatan yang dapat menciptakan ketenangan dan ketenteraman keluarga dan masyarakat sekelilingnya.

"Sebaik-baiknya orang yang pernah berbuat salah adalah orang yang menyadari dan tidak mengulangi kesalahan," ujar Muqit Arief.

Dalam situasi darurat wabah Corona yang sedang melanda dunia, Wabup berpesan agar mantan napi benar-benar memperhatikan dan melakukan anjuran-anjuran pemerintah, untuk mencegah penyebaran virus tersebut. “Seperti tidak berkumpul-kumpul, menjaga kebersihan, jaga kesehatan, dan lain sebagainya,” tutur Wabup. (Narno).

Belum ada Komentar untuk "Lapas Klas IIA Jember Kembali Melepas 26 Warga Binaan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel