Penanaman Pohon Perdana Kodim 0824, Brigif 9 Kostrad, Pethutani KPH Jember Dan LMDH Berjalan Lancar



Jember, Lacak Jatim.

Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember adakan kegiatan penanaman pohon bersama.
Kegiatan penanaman tersebut dilaksanakan dilokasi petak 2A-1 HL. RPH Garahan BKPH Sempolan KPH Jember pada hari selasa 07-01-2020.

Kegiatan penanaman pohon kali ini melibatkan KODIM 0824 Jember, BRIGIF 9 KOSTRAD, Perhutani KPH Jember dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dalam kesempatan itu, Administratur Perum Perhutani KPH Jember, Rukman Supriatna saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa,  Dengan mengusung tema "Sukses Tanaman RHL KPH Jember",  dalam keteranganya, KPH Jember mendapat tugas untuk menanam pohon sebanyak 1.609.000,311 dengan lahan seluas 3.218 hektar. Bibit tanaman sebanyak 1.609.00,311 itu tersebar di 14 kecamatan dan 25 desa se kabupaten jember. Adapaun jenis bibit yang di tanam, di antaranya yaitu Durian, Alpukat, Sirsak, Pete dan Jengkol serta Kopi sebagai tanaman pengisi.
Rukman selaku Administratur Perhutani KPH Jember berharap agar tanaman yang ditanam saat ini dapat tumbuh subur dan terawat dengan baik sehingga hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Ditambahkan lagi oleh Rukman bahwa, kegiatan menanam ini akan terus berlanjut pada tahun 2021, karena untuk tahun ini, pihaknya akan fokus untuk melakukan perawatan pada tanaman yang sudah tertanam saat ini.

Dalam kesempatan yang sama, KASDIM 0824 Jember, Sampak,  juga menyampaikan bahwa pihaknya siap dan sangat mendukung program - program Perhutani dalam mengelola hutan. Menurutnya, sinergitas ini harus kita bina, dan kegiatan yang di adakan saat ini adalah merupakan bentuk realisasi dalam pencegahan bencana, karena dengan medan yang curam disertai musim penghujan, kalau sudah ada tanaman pohon, maka tidak akan terjadi bencana dan juga tidak terjadi kekeringan.

Sementara itu, masih dalam hal yang sama, Sutiyono, selaku Kepala Bidang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Timur yang turut hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan bahwa, pihaknya sangat mendukung program ini. Karena menurut Sutiyono, dengan menanam pohon, itu dapat mencegah terjadinya bencana longsor, selain itu ekositem serta flora dan faunanya akan bagus. Sutiyono berharap agar kegiatan ini dapat terus berlanjut. (Epk).

Belum ada Komentar untuk " Penanaman Pohon Perdana Kodim 0824, Brigif 9 Kostrad, Pethutani KPH Jember Dan LMDH Berjalan Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel