Festival Tani 2019, Peresmian Puskeswan Serta Penanaman Pohon Kurma.

Festival Tani 2019 Dan Peresmian Puskeswan Serta Penanaman Pohon Kurma Di PP Darul Arqom.


Jember, Lacak Jatim.

Festival Tani dan peresmian Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), yang diikuti oleh masyarakat Kelompok Tani dari Kecamatan Balung, Kecamatan Rambipuji, dan Kecamatan Puger,  di Pondok Pesantren Darul Arqom, Desa Balung Lor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jum'at pagi, (20/12/2019).


Hadir pada acara tersebut diantaranya Bupati Jember dr, Hj. Faida,  MMR, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf. La Ode M. Nurdin, Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf. Sampak, Plt. Dinas Pertanaman Pangan dan Holtikultura Kab Jember, Achmad Imam Fauji,  Kepala BNI’46 Jember, Harpian Harbani, serta Jajaran Muspika Kecamatan Balung, Rampipuji dan Puger serta tamu undangan.



Mengawali acara adalah sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung, KH. Muhammad Maskur, dengan mengucapkan Selamat Datang kepada Bupati Jember beserta jajaran, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bupati Jember, Komandan Kodim 0824/Jember, dan dilanjutkan sambutan dari Kepala BNI'46 Jember.


Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kita bersinergi dengan TNI, keberadaan TNI sangat membantu petani dalam meningkatkan pertaniannya. "TNI bersinergi dengan petani, oleh karena itu Jember selalu menjadi Juara tingkat nasional di bidang pertanian," tutur Bupati Faida. Dalam Festival Tani ini Bupati Jember membagikan Kartu Tani sebanyak 8.365 khusus kepada petani asli, yang tergabung dalam kelompok tani.
Selain itu bupati juga membagikan Hand Sprayer sebanyak 380 unit yang diberikan untuk 3 kecamatan, yang masing-masing, Kecamatan Rambipuji mendapat bagian 98 unit, Balung menerima 118 unit, dan Puger mendapat 144 unit.                 

Dandim 0824Jember,
Letkol Inf. La Ode M. Nurdin, dalam sambutannya yang pada intinya menyampaikan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) pada peningkatan Produktifitas Pertanian dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.
Peran Babinsa tersebut diantaranya melakukan pendampingan bersama petugas Penyuluh Lapang (PPL) sebagai fasilitator dan motivator bagi petani, mengamankan distribusi pupuk dan obat pertanian, menghimbau petani untuk menggunakan peralatan mesin pertanian  (Alsintan) sehingga lebih efektif efisien baik waktu maupun biaya, serta ikut menanam dan mendampingi perawatan tanaman pertanian.

Kepala BNI '46 Jember dalam sambutannya  menerangkan, bagaimana tata cara mengakses bantuan dana permodalan untuk pertanian,  melalui Kredit Usaha Tani  dengan menggunakan Kartu Tani, dan ini perlu data yang akurat dan akuntable, sehingga dilaksanakannya verifikasi secara detil oleh pihak terkait, berkaitan dengan keberadaan petani dan Kelompok Tani.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Puskeswan dan penanaman pohon kurma dihalaman Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung oleh Bupati Jember, didampingi Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode  M Nurdin. (Narno).

Belum ada Komentar untuk "Festival Tani 2019, Peresmian Puskeswan Serta Penanaman Pohon Kurma."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel