Berbagai Bantuan Diberikan Bagi Petani Dalam Festival Tani 2019

Berbagai Bantuan Diberikan Bagi Petani Dan Penyuluh Pertanian Dalam Festival Tani 2019.


Jember, Lacak Jatim.

Pemerintah Kabupaten Jember, dalam hal ini Bupati berkomitmen untuk memerangi pungutan liar  (pungli). Oleh sebab itu, Bupati Jember, dr. Faida, MMR., mengajak kepada petani untuk kompak menolak pungli.


Ajakan itu disampaikan ketika bertemu petani dalam acara Festival Tani dari tiga kecamatan, diantaranya, Kecamatan Silo, Kecamatan Ledokombo, dan Kecamatan Mayang, bertempat di Pondok Pesantren Nurul Islam Sempolan, Kecamatan Silo, yang dikemas dalam Festival Tani dan Ternak Kabupaten Jember 2019, Rabu, (11/12/2019).


Dalam kesempatan itu Bupati Faida menegaskan untuk menolak jika ada orang yang meminta sesuatu guna memuluskan pemberian bantuan bagi petani dari pemerintah
"Tolak jika ada orang-orang yang meminta uang agar mendapatkan bantuan dari pemerintah. Tolak pungli-pungli, karena bantuan pemerintah semuanya gratis. Tidak pakai bayar-membayar,” tegas Bupati Faida.

Sejumlah bantuan dibagikan kepada para petani, juga diberikan kepada para penyuluh pertanian.
Bantuan yang disalurkan kepada petani dalam acara itu yakni 4.223 Kartu Tani, untuk petani yang ada di Kecamatan Silo, Mayang, dan Ledokombo.

Bupati menjelaskan pentingnya Kartu Tani. Kartu ini untuk penyaluran bantuan dari pemerintah, supaya program-program pertanian benar-benar yang diterima oleh petani, tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat jumlah dan tepat waktu.

Bupati Faida dalam kesempatan itu juga menjelaskan ada 244 Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa), terdiri 1.713 kelompok tani, dan 243 Gapoktan di Kabupaten Jember.
Jumlah tersebut didapat setelah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh pemerintah sebelumnya.

Terdapat 177 kelompok tani di 3 kecamatan yaitu Silo, Ledokombo dan Kecamatan Mayang Mereka mendapatkan bantuan berupa Hand Sprayer sebanyak 354 unit.

Bupati Jember berharap, kelompok tani ini juga dapat menyalurkan program-program atau kebutuhan bagi anggotanya.

Mengenai bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), bupati menjelaskan, bantuan ini berasal dari Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Jember.

Bantuan Alsintan ini dapat diperoleh dengan mengajukan proposal kepada bupati. Dikirim ke Pendapa Wahyawibawagraha atas nama Poktan atau Gapoktan, jadi tidak secara individu.

Dalam kesempatan itu Bupati juga berkesempatan menandatangani prasasti pembangunan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Silo. (Narno).

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Bantuan Diberikan Bagi Petani Dalam Festival Tani 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel